Mengenal Teknik Mewarnai Menggunakan Cat Air

Wet on Dry adalah mengaplikasikan sapuan basah cat air pada permukaan kertas yang kering. Sementara Wet on Wet adalah mengaplikasikan sapuan cat air basah di atas permukaan kertas cat air yang dibasahi terlebih dahulu pada area tertentu.

Wet on wet: Pewarnaan menggunakan kuas dilakukan ketika kertas masih basah.

Perlu Anda ketahui bahwa kedua teknik melukis ini (wet on dry atau wet on wet) akan menghasilkan efek lukisan cat air yang sangat berbeda.

Melukis dengan teknik wet-on-dry akan membentuk sapuan warna yang tegas. Sementara dengan teknik wet-on-wet akan menghasilkan warna yang menyebar, sapuan-sapuan warna yang lembut dan tercampur. Anda harus mengenal kedua teknis ini untuk menghindari hasil yang tidak Anda harapkan.

Jika Anda ingin mencoba kedua teknik ini, maka yang Anda butuhkan adalah sebagai berikut:

  1. Selembar kertas cat air, sebaiknya telah diregangkan di atas papan gambar sehingga tidak berkerut.
  2. Sebuah kuas cat air ukuran apa saja.
  3. Dua jenis warna cat air yang berbeda.
  4. Sebuah toples atau gelas berisi air yang bersih untuk membasahi kertas dan kuas cat air.
  5. Sebuah lap untuk menyerap basah di kuas Anda.

Menggunakan Cat Air dengan teknik Wet-on-Dry:

Jika Anda menginginkan sapuan warna yang tajam pada obyek lukisan Anda, maka sapuan cat air sebelumnya harus kering terlebih dahulu sebelum Anda mengaplikasikan warna yang lain. Jika sudah benar-benar kering, maka warna dan bentuk yang Anda sapukan tidak akan berubah setelah sapuan cat air kering.

Sementara jika permukaan kertas belum terlalu kering, maka penambahan warna pada lukisan akan menyebar dan bercampur dengan sapuan warna sebelumnya (hal inilah yang disengaja pada teknik wet on wet).

Menggunakan Cat Air dengan Wet-on-Wet:

Dengan menambahkan warna cat air pada lapisan warna di area kertas basah akan Anda dapatkan campuran warna yang lembut dan menyebar. Luasnya penyebaran dan pencampuran warna tersebut bergantung pada seberapa basahnya kertas yang sedang Anda gunakan atau seberapa encer warna baru yang ditambahkan. Anda bisa memulainya dari sapuan tipis baru kemudian meluas membentuk pola tertentu.

teknik mewarnai lukisan cat air

Teknik Wet-on-Dry dan Wet-on-Wet

Pada contoh ini warna biru bisa sedikit tersingkir ketika goresan warna merah ditambahkan. Sehingga warna merah tersebut tidak bercampur terlalu luas ke dalam warna biru.

Untuk memperkirakan bagaimana hasil yang akan kita dapatkan memang memerlukan banyak latihan. Sehingga kita dapatkan karya yang luar biasa seiring dengan keterampilan mencampur warna.  Teknik wet-on-wet khususnya digunakan untuk  memberi efek bergerak dan menyebar bentuk obyek jika kita tidak ingin menambahkan terlalu banyak detil.

Tips melukis dengan cat air menggunakan wet-on-wet:

  • Sapukanlah area yang Anda warnai dengan air bersih menggunakan kuas cat air. Lalu aplikasikan warna yang Anda inginkan. Perhatikanlah, warna akan mengalir ke area tersebut menuju tepi area yang basah tersebut.
  • Jangan puas dengan mencoba dua warna saja. Gunakan pengetahuan mencampur warna cat air yang Anda miliki untuk membuat sesuatu yang baru. Misalnya, buatlah gambar matahari terbenam dengan campuran warna ungu pekat, merah dan oranye dengan menggunakan warna merah, biru, dan kuning menggunakan teknik wet-on-wet dan biarkan warna-warna cat air tersebut bercampur di atas kertas cat air yang telah Anda basahi dan bukan di pallete cat air. Siapkan warna-warna cat air yang akan Anda gunakan sebelum mulai melukis dengan cat air. Rencanakan dimana warna-warna tersebut akan diimplementasikan, dan mulailah dengan kerja cepat sebelum lukisan Anda kering.

Happy watercoloring dan selamat berkarya.

About these ads

4 gagasan untuk “Mengenal Teknik Mewarnai Menggunakan Cat Air

Silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s