Teknik Menggambar Sketsa: Blind Contour

 Untuk menjadi seorang pelukis cat air profesional, tentu tak lepas dari kemampuan membuat sketsa (sketching). Mata, tangan dan naluri Anda akan semakin terlatih menangkap obyek di alam menjadi lukisan yang luar biasa dengan banyak latihan dan goresan.

Posting Nakhwah Gallery kali ini sedikit lebih unik, yaitu menggambar obyek tanpa melihat kertas atau ‘Blind Contour’. Semoga berguna untuk Anda.

Menggambar sketsa dengan teknik Blind Contour adalah cara yang paling disukai guru menggambar untuk melatih komunikasi mata dan tangan. Menggambar kontur sebenarnya hanya menggambar obyek secara garis besar. Maksudnya adalah menggambar garis besar suatu obyek tanpa melihat pada kertas yang sedang kita gunakan. Apapun hasilnya tidak jadi masalah. Yang penting adalah kita bisa mengamati suatu obyek lukisan dengan lebih teliti dan mendalam.

Saya lebih suka mengartikan ‘kontur’ dengan menggunakan goresan garis pensil secara umum. Selanjutnya, seiring waktu goresan pensil tersebut akan mengembara di atas kertas, membentuk gambar dan menangkap detail obyek lukisan.

Dalam latihan ini, hindari mengangkat pensil dari kertas sehingga sedapat mungkin goresan pensil akan tetap terhubung, dan yang paling penting, “JANGAN MENGINTIP”. Bahkan bila perlu, menggambarlah dengan meletakkan buku sketsa Anda di bawah meja. Jika Anda menggambar di kertas lembaran, sebaiknya rekatkan kertas Anda di papan.

Tujuan latihan: Membantu melatih bagaimana mengikuti kontur suatu obyek dengan tangan dan mata.

Yang Anda butuhkan dalam latihan ini: Kertas A4 dan pensil atau ballpoint.

Yang harus Anda lakukan: Sekarang, gambarlah tangan Anda! Tempatkan pensil Anda dekat dengan bagian bawah kertas, kemudian lihatlah ujung lengan Anda, mulai dengan mengikuti garis, lakukan perlahan tapi pasti. Usahakan pensil Anda mengikuti liuk kurva dan tonjolan. Ketika sampai pada lipatan, ikuti saja, lalu kembalilah ke sisi yang lain dan terus menggambar. Tak perlu heboh. Konsentrasi saja mengamati setiap detail obyek lukisan Anda.

Lihat hasilnya: Setelah Anda menyelesaikan gambar tangan Anda, berhenti, dan lihatlah hasilnya. Lucu? Tapi lihatlah, betapa beberapa area gambar Anda ternyata begitu akurat. Tentu saja, ada beberapa area yang mungkin keluar jalur, tapi Anda bisa perhatikan bahwa beberapa bagian masih jauh lebih baik tergambar dibandingkan ketika Anda menggambarnya dengan melihat kertas!

blind countour

Gambar tangan dengan Blind Contour

Lanjutkan: Anda juga bisa mencoba latihan ini dengan obyek lain – tumbuhan berdaun atau perabot rumah tangga. Manusia atau binatang saya pikir lucu juga untuk dicoba. Latihan ini memang latihan pengamatan yang luar biasa.

Semoga bermanfaat. Tunggu posting Nakhwah Gallery selanjutnya. Salam kreatif.

About these ads

Silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s