Cat Air Lagi…, Cat Air Lagi!

Berikut ini adalah tips melukis dengan cat air bagi Anda yang mulai terbiasa dengan cat air, atau yang telah memiliki kemampuan di atas kemampuan dasar melukis dengan cat air, atau yang saat ini Anda mulai menikmati melukis  dengan cat air.

Kualitas Kertas Cat Air

Ada berbagai jenis dan mutu dari cat air atau kertas khusus cat air. Masing-masing memiliki konsistensi dan karakter yang berbeda. Kualitas dari lukisan cat air sangat dipengaruhi oleh mutu kertas dimana lukisan itu dihasilkan. Pemilihan kertas ini akan menentukan teknik melukis yang akan kita pilih, apakah wet in wet atau wet in dry.

Kertas cat air bertekstur tinggiKertas cat air bertekstur tinggi

Tingkat tekstur lukisan juga menjadi pertimbangan penting ketika kita menggunakan teknik wet in dry.

Prinsipnya adalah semakin mahal dan bermerk kertas yang Anda gunakan, akan semakin mudah lukisan cat air yang indah dihasilkan. Hal itu karena konsistensi dan kualitas tinggi dari material yang digunakan. Pelukis cat air profesional biasanya menggunakan kertas jenis Arches watercolor Hot Press atau Fabriano Hot Press tebal. Tapi, Anda juga harus maklum dengan harganya.

Kerja Cepat

Ada banyak keuntungan dengan bekerja cepat. Pertama, mengatur alur lukis dengan mencegah sang pelukis menunda kerjanya sampai aspek-aspek khusus dalam lukisannya selesai dituangkan. Dampak yang diperoleh dengan bekerja cepat adalah memungkinkan pencampur-adukkan warna spontan di atas kertas yang tak pernah bisa dilakukan pada lukisan yang sudah kering. Demikian juga  dengan dominasi warna dan tingkat kepudarannya, sapuan lembut atau tegas yang bisa dilakukan di atas kertas cat air laik dicoba. Cat air bukanlah medium yang mudah digunakan. Tapi bagi mereka yang ingin dan telah mempelajari bagaimana mengatur alur lukis, sifat basahnya yang cat air bisa menjadi pengontrol yang menyenangkan.

Ketahanan Warna

Ketahanan warna juga menjadi pertimbangan utama bila Anda menginginkan lukisan yang awet. Pigment-pigment cat air terkenal dengan reputasinya yang tidak permanen. Lain halnya dengan cat minyak dan akrilik yang memiliki bahan pengikat yang melindungi seperti kanvas. Sedangkan cat air digunakan langsung di atas kertas dan kita sudah tahu hal itu. Oleh karena itu, pigment-pigmen cat air tidak mempertahankan warna dan kecemerlangannya dalam waktu lama. Untunglah saat ini perubahan dan inovasi besar telah dilakukan oleh produsen cat air untuk membuat ketahanan warna cat air. Bahkan bukan hanya dalam bentuk pasta, tetapi juga dalam bentuk padat.

Alasan utama mengapa lukisan cat air paling indah sekalipun dianggap lebih rendah nilainya dibandingkan lukisan cat minyak atau akrilik adalah karena ketidakmampuannya dahulu dalam mempertahankan warna. Tetapi sekarang, perbaikan teknologi telah menyempurnakan kemampuan cat air. Bahkan ketahanan dan kecemerlangan warnanya bisa lebih lama daripada lukisan cat minyak atau akrilik.

Pilih Cat Air Pasta atau Cat Air Padat?

"cat air padat merk lyra"

cat air padat

Pilihlah yang pasta, karena akan lebih mudah untuk mencampurkan warna dan melihat perpaduannya. Selain itu akan lebih mudah melihat warna asli cat air jika menggunakan cat air pasta. Perbedaan kecil, tapi berarti untuk menghasilkan warna yang indah, tahan lama, mudah dikenali. Selain itu, tak ada perbedaan antara cat air pasta atau cat air padat.

cat airScumbling

Jika tips melukis dengan cat air terdahulu masih relatif baru, maka scumbling membawa kita kembali pada latihan menggunakan cat air pada abad ke-19. Selain dikenal dengan menyeret atau mengacak warna, scumbling adalah menggunakan kuas lembut untuk menghasilkan tekstur yang berbeda dan biasanya digunakan oleh seniman cat air yang mahir menggunakan kuas.

Semoga bermanfaat.

About these ads

4 comments

Silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s